Artikel Info Kesehatan

Buah-Buahan Untuk Buka Puasa

Ada istilah dalam berbuka puasa, ‘berbukalah dengan yang manis’. Tentunya ini diartikan tidak dengan minum-minuman yang manis tapi dengan mengkonsumsi buah-buahan yang manis. Dianjurkan berbuka di awali dengan air putih terlebih dahulu baru makan-makan buah-buahan yang manis. Setelah beberapa saat baru makan-makanan besar seperti nasi, sayur serta lauk pauk.

Berikut kami berikan info buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi saat setelah berbuka puasa, di antaranya :
1. Kurma

Kurma merupakan buah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang berpuasa. Dengan sangat cepat, glukosa dalam kurma yang disantap saat berbuka akan berubah menjadi fructose, lalu langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk menyirami dahaga tubuh akan energi.

  1. Pepaya

Buah tropis satu ini mengandung vitamin C dan provitamin A yang dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan dan membuat lancar saluran pencernaan makanan. Bagi mereka yang berpuasa, buang air besar akan tetap lancar.

buah buahan untuk berbuka puasa

  1. Blewah

Sepupu melon ini kaya dengan vitamin A. Rasa manis yang terkandung dalam belewah mempunyai fungsi absorpsi atau melakukan penyerapan pada usus yang sering diakibatkan makan tergesa-gesa shingga makanan tak terkunyah dengan baik. Menyantap buah ini juga membantu menyerap zat-zat tak diperlukan dari makan makanan yang banyak berbumbu, endapan obat-obatan, bahkan mengatasi rasa mual karena rasa stress.

  1. Apel

Apel banyak mengandung vitamin A, B dan C. Apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar.

  1. Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin A, B1, B2 dan C serta antikanker bagi tubuh. Jeruk juga dapat merangsang kekebalan tubuh, membersihkan lender ditenggorokan, rongga hidung akibat influenza. Namun, sekali lagi bagi pemilik lambung sensitif perlu berhati-hati mengonsumsi jeruk.

  1. Pisang

Buah ini mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat membantu mengurangi asam lambung. Pisang cocok bagi orang yang berpuasa karena bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

  1. Mangga

Mangga banyak mengandung vitamin A, E dan C yang dapat membersihkan darah. Bagi orang yang berpuasa, jus buah dapat dapat mengurangi dehidrasi. Namun sebaiknya berhati-bati bagi yang memiliki lambung sensitif. Pilihlah buah mangga matang, jangan yang masih muda dan berasa masam.

  1. Srawberry

Stawbery kaya akan vitamin A, vitamin B1, B dan C serta antioksidan, bagus untuk melawan zat radikal bebas. Sehingga daya tahan tubuh orang yang berpuasa tetap terjaga dari virus.

  1. Belimbing

Inilah buah berbentuk bintang yang mengandung vitamin C dan provitamin A dengan manfaat dapat membantu memperlancar pencernaan makanan, menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh. Tak ada salahnya menghadirkan belimbing dalam hidangan bila ingin berganti menu buah.

Tentunya sesuaikan dengan musim buah di mana anda bertempat tinggal. Dan selamat berbuka puasa dengan buah-buahan yang manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *